Bagi seorang guru, mempunyai blog merupakan keunggulan tersendiri. Itu menunjukkan bahwa, guru tersebut memiliki kompetensi literasi digital. Selain itu, guru bisa memanfaatkan blognya, sebagai media pembelajaran. Apa saja manfaat blog dalam pembelajaran?

Variasi Media Pembelajaran

Penggunaan blog sebagai media pembelajaran, merupakan salah satu kreatifitas dari guru. Media pembelajaran yang bervariasi, tidak akan membuat siswa bosan. Siswa akan mendapatkan pengalaman belajar yang baru. Guru tidak hanya mengandalkan media pembelajaran konvensional. Seperti buku paket, presentasi dengan LCD Proyektor, buku siswa atau lembar kerja siswa, apalagi papan tulis. Dengan menggunakan blog sebagai media pembelajaran, akan memberikan suasana yang baru pada proses pembelajaran.

Lebih Banyak Aktivitas Belajar

Ketika guru menggunakan blog sebagai media pembelajaran, itu akan memacu siswa untuk lebih banyak melakukan aktivitas. Siswa tidak hanya mendengarkan penjelasan dari guru saja, tapi juga akan melakukan eksplorasi, mengamati, bahkan mendemonstrasikan. Lewat blog, guru bisa memberikan instruksi kepada siswa untuk melakukan aktivitas belajar. Seperti mencari dan membaca informasi, melihat video yang berkaitan dengan materi, atau melakukan praktik sesuai dengan instruksi guru yang dicantumkan di blognya.

Pembelajaran Lebih Menarik

Penggunaan blog sebagai media pembelajaran, akan menumbuhkan minat dan ketertarikan siswa kepada pelajaran. Sebagai contoh, semula seorang siswa tidak tertarik untuk belajar matematika. Tetapi karena guru menyampaikan materi melalui blog dengan video rekamannya, latihan soal menggunakan quiz interaktif, dan penilaian juga menggunakan aplikasi yang penuh animasi, maka siswa tersebut menjadi sangat tertarik. Bahkan ikut aktif dalam berdiskusi melalui komen-komennya.

Memperjelas Makna Pembelajaran

Bisa saja sebuah materi pembelajaran, ketika disampaikan secara konvensional di kelas, masih belum dipahami oleh siswa. Tapi ketika guru menggunakan blog sebagai media pembelajaran, siswa lebih paham dan mudah menguasai materi tersebut. Hal ini disebabkan karena guru memperjelas materinya di blog, menggunakan tampilan-tampilan yang menarik dan interaktif. Sehingga lebih memudahkan siswa untuk memahaminya, dan tujuan pembelajaran yang diharapkan akan tercapai.

Menyampaikan Informasi Terbaru

Melalui blog, guru bisa menyampaikan informasi terbaru kepada siswa. Terutama informasi tentang pengetahuan terbaru yang berkaitan dengan materi yang diajarkan. Guru juga bisa menyampaikan informasi mengenai tugas-tugas yang akan datang, serta menampilkan informasi hasil capaian belajar siswa. Misalnya, nilai-nilai yang dicapai siswa dalam penilaian harian.

Demikian 5 manfaat blog sebagai media pembelajaran. Semoga rekan guru, bisa memanfaatkan blog yang dimilikinya secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *