You are currently viewing Agar Murajaah Lebih Asyik

Agar Murajaah Lebih Asyik

  • Post category:Buku
  • Post comments:0 Comments

Al-Qur’an adalah kalam Allah Subhanahu wa Ta’ala, ia adalah perkataan yang paling utama dan sarat dengan hukum-hukum, membacanya merupakan ibadah yang meluluhkan hati, membuat jiwa menjadi khusyu dan memberi manfaat lain yang tidak terhitung. Oleh karena itu, nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan agar selalu menjaganya supaya tidak lupa, sebagaimana sabda baginda Nabi Saw : “Jagalah (hafalan) Al-Qur’an, demi Dzat yang jiwa saya ada dalam kekuasaanNya, sesungguhnya Al-Qur’an itu sangat cepat terlepas melebihi (lepasnya) Unta dari ikatannya” (HR. Bukhari dan Muslim).

Seorang yang hafalan Al-Qur’annya lancar, waktunya tidak akan ada yang terbuang. Ia bisa mengaji sambil berjalan dari rumah ke masjid, saat menunggu bus kota, saat memasak, saat berada dalam mobil, saat mengendarai motor, dan kapan pun. Di Kairo dulu, ada seorang yang dikenal hebat dalam lari maraton. Kalau untuk lari keliling Suq Sayyarat (pasar mobil) yang ada di kawasan Gami-Hay Asyir, biasanya teman yang lain, maksimal tiga kali putaran, tapi dia bisa sampai 5 dan 7 putaran tanpa henti. Dan Masya Allah, ternyata saat berlari itu ia sambil muraja’ah. Dalam lima kali putaran itu, ia bisa selesei muraja’ah 3 – 4 juz. Ia fokus kepada hafalannya, dan tidak memikirkan berapa kali putaran yang sudah ia lalui. Ketika teman – temannya berhenti, ia menambah tiga atau empat kali putaran lagi. Setelah itu, ia tinggal menanyakan berapa putaran temannya ditambah 3 kali putarannya.

ImamSyafii saat melakukan perjalanan dari Madinah ke Syam selama 8 hari, beliau bisa mengkhatamkan Al-Qur’an sebanyak 16 kali. Satu kali siang dan satu kali malam. Luar Biasa! Alangkah nikmatnya menghafal Al-Qur’an, yaitu bagi mereka yang lancar hafalannya. Maka, ketika kita sudah punya hafalan, jagalah ia agar jangan sampai hilang.

Leave a Reply