Selain menggunakan blog, rekan guru juga bisa menggunakan website sebagai media pembelajaran. Apa bedanya blog dengan website? Website atau Web adalah semua situs yang ada di internet. Sedang blog, adalah satu bentuk dari web. Berasal dari kata weblog, yang kemudian banyak orang lebih suka menyingkatnya menjadi blog. Jadi, blog adalah salah satu bentuk web yang pengelolaannya sangat mudah dan sederhana.

Awalnya, website dibangun menggunakan bahasa pemrograman yang tidak semua orang bisa dengan mudah menguasainya. Diperlukan bahasa dengan kode-kode tertentu. Biasanya orang menyebutnya dengan koding. Sehingga, seorang web developer memang mempunyai keahlian yang khusus, yang menguasai bahasa pemrograman.

Sekarang, sudah ditemukan cara untuk mempermudah dalam membangun sebuah website. Ini dimaksudkan, agar orang yang awam sekalipun, bisa dengan mudah membuat website tanpa koding. Artinya, tanpa harus mempelajari dan menguasai bahasa pemrograman. Termasuk, rekan guru yang ingin mempunyai sebuah website, akan bisa membuatnya dengan mudah.

Website yang dimiliki oleh rekan guru nanti, bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Website ini akan dengan mudah diakses oleh siswa, sehingga mereka bisa belajar dari sana. Mereka akan melakukan aktivitas membaca materi, menonton video pembelajaran, mengerjakan latihan dan tugas, mengerjakan penilaian, mengisi daftar hadir, dan lain-lain.

Salah satu penyedia layanan pembuatan website secara gratis adalah Googel. Betul, rekan guru bisa membuat website pembelajaran, dengan memanfaatkan akun Google yang dimiliki. Google memang mempunyai banyak layanan. Ada email, Drive, Form, Sheet, Word, Map dan masih banyak yang lain. Salah satu layanannya adalah Google Site. Dengan layanan ini, kita bisa membuat sebuah website secara gratis dengan mudah sekali. Setelah rekan guru bisa membuat website pembelajaran, tinggal membagikan link websitenya kepada siswa.

Bagaimana, tertarik. E-Class mengadakan pelatihan online membuat website pembelajaran menggunakan Google Site. Jika rekan guru tertarik, silakan mengunjungi website saya ya, di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *