You are currently viewing Festival Film Indie 2024 SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo

Festival Film Indie 2024 SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo

Sebuah acara spektakuler bertajuk “Festival Film Indie 2024” berhasil diselenggarakan oleh SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo pada tanggal 21 Mei 2024. Acara ini bertempat di Cinepolis Lippo Plaza Sidoarjo dan berlangsung dari pukul 13.00 hingga 16.00 WIB. Festival ini tidak hanya menjadi ajang bagi para siswa kelas 9 untuk menampilkan bakat dan kreativitas mereka dalam bidang perfilman, tetapi juga menjadi momen yang tak terlupakan yang mengundang sejumlah tokoh penting di dunia pendidikan Kabupaten Sidoarjo.

Acara dimulai dengan kedatangan para peserta dan tamu undangan. Suasana di Cinepolis Lippo Plaza Sidoarjo begitu meriah dengan kehadiran siswa-siswa kelas 9, guru-guru, serta para tamu kehormatan. Beberapa tokoh penting yang hadir di antaranya adalah Kepala SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo, Pengawas SMP, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, serta Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF PCM Sidoarjo.

Tepat pada pukul 13.00 WIB, acara dimulai dengan sambutan dari Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo. Dalam sambutannya, Beliau mengapresiasi hasil karya kreatif siswa yang ditampilkan dalam bentuk film. Beliau menyampaikan betapa pentingnya memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan kreativitas dan bakat mereka, khususnya dalam bidang seni dan perfilman. “Kreativitas adalah kunci untuk menghadapi tantangan di masa depan. Saya sangat bangga melihat karya-karya luar biasa dari siswa-siswa kita hari ini. Semoga festival ini menjadi wadah untuk melahirkan sineas-sineas muda berbakat dari Sidoarjo,” ujar beliau.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ketua Majelis Dikdasmen dan PNF PCM Sidoarjo. Beliau menekankan pentingnya pendidikan yang holistik, yang tidak hanya fokus pada akademik tetapi juga pada pengembangan bakat dan minat siswa. “Kegiatan seperti Festival Film Indie ini sangat penting untuk membentuk karakter dan mengasah keterampilan siswa. Saya berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut dan menjadi agenda tahunan di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo,” katanya.

Acara puncak sambutan disampaikan oleh Kepala SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo, Drs. Aunur Rofiq, M.Si, yang sekaligus membuka secara resmi Festival Film Indie 2024. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa bangganya terhadap para siswa yang telah bekerja keras untuk menghasilkan film-film berkualitas. Beliau juga berharap agar acara ini bisa memotivasi siswa lain untuk terus berkarya dan mengembangkan bakat mereka. “Saya sangat bangga dengan apa yang telah kalian capai. Film-film yang ditampilkan hari ini adalah bukti bahwa kalian memiliki potensi besar. Teruslah berkarya dan berinovasi. Semoga dari sini akan lahir sineas-sineas muda yang akan mengharumkan nama sekolah kita dan bahkan Indonesia,” ujar beliau dengan penuh semangat.

Setelah rangkaian sambutan, acara dilanjutkan dengan pemutaran film-film hasil karya siswa. Para hadirin disuguhkan dengan berbagai genre film, mulai dari drama, horor, hingga film bertema kehidupan sehari-hari. Film “Cakra” dari kelas 9 Saintek-1 berhasil mencuri perhatian dengan alur cerita yang mendalam dan sinematografi yang apik.

Film “Dendam Kesumat” dari kelas 9 Internasional-2 juga tidak kalah menarik. Film ini bergenre horor dan menceritakan kisah seorang siswa yang memilki dendam terhadap penculik adiknya. Dengan efek visual yang menakjubkan dan cerita yang menegangkan, film ini berhasil membuat penonton terkesima.

Sementara itu, film “Tentang Hari Ini” dari kelas 9 Entrepreneur-2 menawarkan sesuatu yang berbeda. Film ini menceritakan tentang kehidupan sehari-hari seorang siswa yang berjuang menghadapi berbagai masalah di sekolah dan rumah. Dengan pendekatan yang realistis dan penuh emosi, film ini berhasil menyentuh hati para penonton.

Setelah pemutaran film, tibalah saat yang paling dinantikan, yaitu pengumuman pemenang penghargaan film terbaik. Setelah melalui proses penilaian yang ketat, dewan juri yang terdiri dari guru-guru seni dan beberapa ahli perfilman akhirnya memutuskan para pemenang. Film “Cakra” dari kelas 9 Saintek-1 berhasil meraih juara pertama berkat cerita yang kuat dan kualitas produksi yang tinggi. Juara kedua diraih oleh film “Dendam Kesumat” dari kelas 9 Internasional-2, sementara film “Tentang Hari Ini” dari kelas 9 Entrepreneur-2 berhasil meraih juara ketiga.

Para pemenang kemudian diundang ke atas panggung untuk menerima trofi dan piagam penghargaan. Mereka mendapatkan tepuk tangan meriah dari seluruh hadirin. Salah satu siswa dari kelas 9 Saintek-1 yang terlibat dalam produksi film “Cakra” mengungkapkan rasa bahagianya. “Kami sangat senang dan bangga bisa meraih juara pertama. Ini adalah hasil kerja keras tim kami. Kami berterima kasih kepada semua guru dan teman-teman yang telah mendukung kami,” ujarnya dengan wajah sumringah.

Acara ditutup dengan foto bersama para pemenang dan seluruh tamu undangan. Para siswa dan guru tampak sangat antusias dan bangga dengan keberhasilan acara tersebut. Festival Film Indie 2024 ini tidak hanya menjadi ajang untuk menampilkan kreativitas siswa, tetapi juga menjadi wadah untuk belajar dan mengembangkan diri dalam bidang perfilman.

Dengan suksesnya penyelenggaraan Festival Film Indie 2024, SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo sekali lagi membuktikan komitmennya dalam mendukung pengembangan bakat dan kreativitas siswa. Semoga acara ini dapat terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk mengadakan kegiatan serupa.

Festival Film Indie 2024 ini telah memberikan banyak pelajaran berharga, tidak hanya bagi para siswa yang terlibat langsung dalam produksi film, tetapi juga bagi seluruh peserta dan tamu undangan. Acara ini menunjukkan bahwa dengan kerja keras, kreativitas, dan dukungan dari berbagai pihak, siswa-siswa SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo mampu menghasilkan karya yang luar biasa dan membanggakan.

Sebagai penutup, Kepala Sekolah Drs. Aunur Rofiq, M.Si mengungkapkan harapannya agar festival ini dapat memotivasi siswa lainnya untuk terus mengembangkan bakat dan minat mereka. “Saya berharap festival ini dapat menjadi inspirasi bagi kalian semua. Jangan takut untuk bermimpi besar dan teruslah berkarya. Masa depan ada di tangan kalian, dan saya yakin kalian mampu meraih segala impian kalian dengan usaha dan kerja keras,” tutup beliau.

Festival Film Indie 2024 SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo telah memberikan bukti nyata bahwa kreativitas dan inovasi adalah kunci untuk menghadapi masa depan. Dengan dukungan dan bimbingan yang tepat, para siswa mampu menghasilkan karya yang tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan pesan positif bagi masyarakat. Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut dan melahirkan sineas-sineas muda berbakat dari Sidoarjo.

Leave a Reply