You are currently viewing Muhammadiyah Future School | Menuju Outstanding School

Muhammadiyah Future School | Menuju Outstanding School

Ini kali pertama, sekolah kami mengikuti penilaian dalam rangka Muhammadiyah Future School. Sebenarnya, event ini diselenggarakan setiap tahun, mengikuti Muhammadiyah Education Award yang diselenggarakan pimpinan Muhammadiyah Jawa Timur. Tapi karena situasi pandemi covid-19, tahun-tahun kemarin tidak diselenggarakan.

Kami menyiapkan semua hal yang diperlukan untuk penilaian ini. Berbekal instrumen penilaian, kami berupaya untuk mengumpulkan bukti-bukti fisik yang diperlukan. Tidak main-main, tim yang dibentuk untuk ini, bekerja cukup ekstra selama beberapa pekan terakhir.

Petugas Asesor yang mengunjungi sekolah kami, cukup ramah. Beliau tidak mau disebut sebagai penilai. “Ini adalah kunjungan untuk memotret sekolah, agar kami mengetahui kondisi sebenarnya sekolah-sekolah Muhammadiyah.” Begitu katanya.

Setelah seremonial pembukaan, beliau ingin berkeliling untuk melihat seluruh sarana dan prasarana yang ada. Beliau ingin memindai secara umum, apabila nanti ada instrumen yang berkaitan, bisa langsung mengetahui kondisi sebenarnya. Kami mengantar beliau berkeliling satu persatu ke semua ruangan dan fasilitas. Mulai kelas, ruang guru, ruang BK, Lab IPA dan Multimedia, Ruang Kepala Sekolah, TU, Keuangan, UKS, kantin, Masjid, Aula, Sport Center, dan lainnya. Beliau juga mengamati lingkungan sekolah yang berkaitan dengan kebersihan, kesehatan, dan penghuijauan.

Setelah hampir satu jam berkeliling, kami kembali ke meeting room untuk melakukan crosscek data dengan instrumen penilaian. Menjelang dhuhur, kami sudah selesai di crosscek. Hasil crosscek sementara, disampaikan saat penutupan. Hasil pemotretan sekolah ini, nanti akan diumumkan pada puncak acara Muhammadiyah Education Award. Kami berharap, semoga sekolah kami bisa meraih predikat Outstanding School. Sebab beberapa tahun, kami harus puas di posisi Excellent School. Semoga tahun ini, prestasi sekolah akan mengalami peningkatan. Aamiin.

Leave a Reply