Akhirnya ANBK jadi terlaksana. Mestinya, kegiatan ini sudah dilaksanakan tahun lalu. Tapi tertunda karena masih terjadi pandemi. Anehnya, ada perubahan yang mendadak dalam pelaksanaan ANBK tahun ini. Saya katakan mendadak, karena tiba-tiba saja kelas 7 dipilih menjadi peserta ANBK. Padahal, sesuai dengan POS yang beredar, untuk tingkat SMP hanya kelas 8 saja. Saya tidak tahu maksudnya.

Penyampaian informasi mengenai tambahan peserta NBK ini memang agak mendadak. Sekolah baru menerima informasi ini, sekira H-5. Tapi alhamdulillah, kami bisa menyiapkan semua peserta dengan baik.

Sekolah kami terbagi menjadi dua ruang dan dua shift. Shift pertama untuk kelas 8 yang mengerjakan ANBK mulai pukul 07:00 – 09:30. Sedangkan kelas 7 di shift kedua, mulai pukul 10:30 – 12:30. Pengawas ruang ANBK, dilakukan silang antar sekolah. Pelaksanaan ANBK di sekolah kami, diawasi oleh sekolah lain. Guru dari sekolah kami, juga dikirim untuk menjadi pengawas ruang di sekolah lain. Ini mengingatkan saya kepada UNBK, sebelum akhirnya dihapuskan.

ANBK untuk tingkat SMP, dilaksanakan tangggal 4 dan 5 Oktober 2021. Pada hari pertama, siswa mengerjakan AKM Literasi dan survey karakter. Sedangkan pada hari kedua, mereka mengerjakan AKM Numerasi dan survey lingkungan belajar. ANBK ini tidak hanya untuk siswa, tetapi guru juga mengikuti survey karakter dan lingkungan belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *